Kenapa Membuat Artikel Terasa Sulit ?

Mungkin bukan hanya saya saja yang merasakan hal ini, karena memang basic saya bukan seorang penulis handal, melainkan hanya senang menulis saja tanpa arah dan tujuan hehehe :D . Kali ini saya ingin menulis sesuatu tentang sulitnya membuat artikel (bagiku hehe), tapi kalo bagi para mastah pembuat artikel dan pembuat buku novel pasti itu bukan kata yang tepat.

Menulis artikel adalah sesuatu yang boleh dibilang gampang-gampang susah. Apalagi kalau artikel yang kita tulis berbahasa Indonesia. Kalau secara nalar, seharusnya kita semua pasti bisa membuat karangan artikel bahasa Indonesia, karena kita setiap hari bicara bahasa Indonesia dan selalu berhubungan dengan bahasa Indonesia. Tetapi kenapa ketika kita dihadapkan dengan buku dan pensil rasanya tangan ini sulit sekali untuk menuliskan apa yang harus ditulis hehehe.

Saya sendiri dari dulu senang membuat tulisan mengarang tentang segala hal, namun tidak ada satupun yang bisa selesai, karena bingung mau dibuat seperti apa selesainya biar kelihatan bagus. Setelah saya mencoba dan mencoba untuk terus menulis, saya pun tetap masih kesulitan dalam membuat tulisan yang bagus hehe. Tapi saya tidak akan pantang menyerah dan akan selalu mengasah diri dalam hal menulis artikel, sehingga bisa menjadi hal yang mudah nantinya.



Disini saya ingin share sedikit cara untuk menulis artikel dari newbie yang belum bisa menulis apapun seperti saya. Semoga share saya ini berguna bagi semua dan kalaupun ada tips yang kurang baik tolong diberi saran dan masukan supaya menjadi lebih baik lagi hehehe.. Oke berikut tips untuk menulis artikel yang baik menurut saya..

  1. Tentukan topik atau tema apa yang akan kita tulis. Kita bisa melihat apa yang terjadi di sekeliling kita yang akan dibuat tulisan. Contohnya saat ini yang ngetrend di Jakarta adalah banjir, nah ini bisa kita jadikan bahan tulisan kita.
  2. Tulisan diusahakan minimal tiga paragraph. Untuk paragraph pertama isi dengan pengantar artikel, kemudian paragraph kedua isi atau point dari artikel kita. Baru di paragraph ketiga kata-kata penutup.
  3. Usahakan menggunakan kata-kata sendiri sehingga tulisan mempunyai ciri khas.
  4. Jangan sampai PLAGIAT, karena itu tidak akan melatih kita menjadi pintar dalam menulis
  5. Tuliskan semua yang ada dalam pikiran kita dulu, baru setelah tulisan kita jadi diedit mana yang harus dihapus dan mana yang harus diperbaiki.
  6. Tetap berlatih dan berlatih menulis, jangan pernah putus asa. Ingat semua hal kalau kita berusaha pasti akan bisa.!!!
Oke itulah sekelumit cara menulis artikel dari saya, semoga bermanfaat. Intinya tetap mencoba dan latihan terus menerus. Kalau kita terus berusaha, sesuatu yang tidak mungkin pasti akan menjadi mungkin (tentunya dengan izin Allah SWT). Thanks telah mampir ke blog saya. Sampai jumpa lagi di artikel ku berikutnya. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar